Kamis, 12 Maret 2009

METODE GRAMEEN
UNTUK MENDAPATKAN MODAL USAHA BAGI UKM

Tak hanya BUMN dan korporasi swasta saja yang memilki tanggungjawab terhadap kehidupan usaha kecil dan mikro (UKM) di Indonesia. Lembaga pendidikan pun memilki andil yang sama guna memperbaiki kehidupan ekonomi rakyat kaum marginal. Seperti yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dengan mendirikan UKM Center. Apa dan bagimana bentuk kegiatan serta syarat untuk menjadi mitra binaannya?

Jenis kegiatan yang dilaksanakan oleh UKM Center FEUI ini adalah pertama melakukan pelatihan / bantuan teknis yang berbentuk pelatihan bidang administrasi dan pelayanan bidang manajemen, konsultasi, pemasaran dan akutansi bagi usaha kecil dan menengah, mengadakan kegiatan pelatihan manajemen mikro bidang pertanian, industry kecil, kerajinan, perdagangan, jasa, prasarana social, pemberdayaan pemuda, perempuan dan kaum cacat, mengembangkan e-learning dan membuat sertifikasi konsultan UKM. Kedua, melakukan penelitian dan konsultasi yang kegiatannya meliputi pengembangan, kerjasama dan mencari jaringan. Selain itu, juga melakukan penelitian, survey, evaluasi kebijakan, rekomendasi, advokasi, juga menerbitkan publikasi ilmiah, pengembangan kelas kewirausahaan S1 dan penjajagan pembuatan S2 Microfinance. Dan ketiga adalah inkubasi bisnis, yaitu menciptakan kelompok inkubasi produk yang dapat dipasarkan, melakukan integrasi dengan kursus kewirausahaan, mengembangkan jaringan bisnis dan juga sebagai fasilitator untuk start up bisnis serta melaksanakan program Global Microfinance dan Entrepreneurship Award.

UKM Center FEUI berdiri sejak tahun 2005,dikepalai oleh Dr.Ir.Nining I. Soesilo, MA. Wadah ini terus berbenah diri untuk memberikan perhatian maksimal terhadap usaha kecil dan mikro di Indonesia. Latar belakang pendiriannya sendiri didasari adanya komitmen tinggi dunia internasional melalui PBB yang mendeklarasikan tahun 2005 sebagai Tahun Internasional Kredit Mikro guna mempromosikan bisnis kecil dan institusi keuangan yang menyediakan pinjaman yang disebut sebagai micro-finance. Ditambah lagi keikutsertaan Indonesia dalam pemilihan Global Entrepreunership Award sejak tahun 2004. Semangat UKM Center ini dalam memajukan usaha kecil dan menengah terlihat jelas dalam visi yang diembannya, yaitu melakukan pemberdayaan bisnis usaha kecil dan mikro, mendorong kewirausahaan dan secara berkesinambungan membuat advokasi, monitoring dan evaluasi kebijakan.
Metode Grameen. Salahsatu program yang gencar diperjuangkan oleh UKM Center adalah membantu usaha kecil dn menengah mendapatkan usaha dengan Metode Grameen. Metode ini terinspirasi dari model pengembangan Grameen di Bangladesh yang dilakukan oleh Muhamad Yunus, pemenang Nobel Perdamaian 2006. Konsepnya merakyat dan sangat cocok diterapkan bagi masyarakat tingkat ekonomi rendah atau bagi mereka yang baru keluar dari ambang kemiskinan. Syarat menjadi anggota Grameen sendiri terbilang mudah. Yang dibutuhkan hanya sekelompok orang yang memilki komitmen kuat untuk berusaha ddan menjadikan usaha tersebut sebagai mata pencaharian. Setelah berkumpul, UKM Center akan membantu mencari lembaga keuangan yang sanggup menjadi mitra sekaligus melakukan pembinaan terhadapnya. Ia tidak memberikan bantuan kredit secara riil, tetapi memberikan pembinaan dan mencarikan jaringan bagi usaha yang membutuhkan modal. Dalam usaha ini biasanya satu kelompok akan mendapatkan pembinaan selama 1 dengan kapasitas waktu 1-3 jam sehari minggu sebelum mereka mengajukan pinjaman. Pada pembinaan tersebut anggota kelompok akan diberitahukan mengenai arti pinjaman, kewajiban yang harus dilakukan atas pinjaman tersebut serta hak-haknya. Hal ini dilakukan terus menerus sampai ia menjadi nasabah. Dan cara pengembalian uangnya diatur sesering mungkin, bisa setiap hari atau seminggu sekali. Dengan begitu UKM akan lebih terkontrol. Karena biasanya hal ini yang menjadi masalah permodalan di UKM. Besaran dana yang tersedia biasanya dibawah 10 juta per orang. Hal ini cukup efektif daripada meminjam uang di bank.

Target ke depan, program UKM Center akan melakukan MoU dengan sejumlah universitas di beberapa daerah dalam rangka kerjasama. Ini dikarenakan personil mereka yang terbatas untuk memonitoring langsung UKM didaerah-daerah. Sehingga, dengan adanya MoU dengan universitas yang berada didaerah tersebut dapat membantu kerja UKM Center.

Sekretariat UKM Center FEUI Pusat :
Kampus FEUI Depok
Telp.021-7272425 ext 124
Fax.021-7270024
Email: Ukm-center@fe.ui.ac.id
Website: www.ukm-center.org

Cabang :
Kampus UI
Jl. Salemba Raya no.4 Jakpus
Telp. 021-3143177 ext 200
Fax. 021-31934310

Kontak Person:
Dra. Sri Suyatni, Msi. ( Email: sri.suyatni@yahoo.com )
Teuku Mirza ( Emai: teuku_mirza2000@yahoo.com )
Mira Indrayani ( Email: az_iin@yahoo.com )

1 komentar:

  1. Hari baik untuk Anda,
    Anda membutuhkan solusi untuk masalah Anda dan di mana untuk mendapatkan pinjaman dari?
    saya pinjaman pemberi pinjaman que terdaftar diperbolehkan untuk memberikan Jaminan
    pinjaman bagi Individu dan perusahaan Bisnis
    dan Anda ditolak kredit dari bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lain Alasan
    Apapun kebutuhan pinjaman Anda, jangka panjang atau pinjaman jangka pendek, pribadi
    atau hipotek, kami siap untuk berbicara dengan Anda tentang bagaimana kami dapat memenuhi Anda
    kebutuhan, dan bagaimana Anda bisa mendapatkan pinjaman ini mentransfer online untuk Anda
    Biarkan kami membantu Anda mengatur pembiayaan dan juga mendapatkan pinjaman sangat sah
    sebesar 2%
    Silahkan hubungi kami hari ini dengan mengirimkan email ke email Mengikuti
    addresss.
    EMAIL: Annabelleloanfirm@gmail.com

    BalasHapus