Jumat, 20 Maret 2009

PELUANG BISNIS BERTERNAK KAMBING PERAH : OMSET DARI JUALAN SUSU BISA SAMPAI 60 JUTA / BULAN

Tingginya permintaan dan harga susu kambing yang mahal, menarik Jeffry Hakim Handoko, Brian Koesoema dan Muchlido Aprilass untuk terjun di dunia usaha ini. Dengan 120 ekor kambing, ketiga pengusaha muda ini bisa meraih omset hingga puluhan juta tiap bulan. Menariknya lagi, dalam kurun waktu 2 tahun induk betina bisa melahirkan 6 ekor anak. Semanis apa usaha peternakan kambing perah ini ???

Jeffry Hakim Handoko, Brian Koesoema dan Muchlido Aprilass adalah 3 orang mahasiswa dengan insting bisnis yang tajam. Betapa tidak, meski masih mahasiswa, mereka tak pernah melewatkan momentum Idhul Adha dengan dengan berjualan kambing untuk kurban hingga Malaysia. Di awal 2005 ketiga mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan IPB itu memutuskan untuk terjun menjadi peternak kambing. Namun, lantaran penjualan kambing potong bersifat incidental, mereka memillih ternak kambing perah, karena dapat menghasilkan susu setiap hari. Keuntungan sebesar 75 juta hasil penjualan sebelumnya, dijadikan modal usaha peternakan kambing perah dengan nama PT. Adhie Lestari Lirboyo. “Modal itu dibelikan 30 ekor kambing betina, 1 ekor kambing jantan dan membuat kandang serta membeli pakan”, kata Jeffry yang menjabat sebagai direktur keuangan di perusahaan tersebut.

Memilih Indukan. Indukan sangat menentukan perkembangan usaha. Untuk itu, pilih kambing peternakan etawa (PE) karena memiliki produksi sebanyak 0,7 – 1,5 liter / hari. Kambing PE memilki ciri kuping panjang dan melipat kedepan seperti sarung golok, tinggi pejantan kira-kira 105 cm dan betina lebih rendah serta hidung berbentuk cembung (melengkung). Selain itu, Jeffry menyarankan untuk memilih induk dengan postur tubuh baik, alat reproduksi sehat, memilki 2 buah testis untuk jantan dan ambing (kelenjar susu) dan putting yang besar dan sehat untuk betina.

Kisaran harga kambing jantan sekitar 2,5 – 5 juta dan betina 1 – 2,5 juta rupiah, tergantung grade (kelas) ternak tersebut. Lebih lanjut Jeffry mengatakan lebih baik menggunakan pejantan unggul (grade A) dan betina grade B daripada sebaliknya. Pasalnya, anakan yang diperoleh biasanya mengikuti induk pejantan. Kambing jantan grade A biasanya berukuran besar dari pejantan lainnya, memiliki 2 buah testis, mata bersinar dan bulu halus.

Lantaran susu diperoleh dari indukan yang menghasilkan susu pasca melahirkan (laktasi), dengan dengan demikian sebaiknya peternak membeli kambing yang berbeda umurnya. Bagi pemula bisa mulai dengan 60 ekor kambing yang terdiri dari betina siap kawin umur 1 tahun dengan harga Rp. 1,5 juta, betina bunting Rp.2 juta dan betina laktasi 2 bulan seharga Rp. 2,5 juta masing-masing berjumlah 20 ekor. Sementra itu, tiap 60 ekor betina cukup dikawini oleh 2 ekor pejantan. “Dulu kami beli indukan dari daerah Yogyakarta.”, ujarnya tanpa mau merinci lebih lanjut.

Kawinkan Saar Birahi. Setelah memiliki berbagai jenis indukan, mengawinkan kambing saat birahi merupakan kunci sukses untuk mendapatkan anak dan indukan menghasilkan susu. “Banyak peternak yang kelewat waktu birahi, sehingga jumlah populasinya tak jua bertambah dan susu tak diperolehnya,”tambah Jeffry. Siklus birahi terjadi tiap 21 hari sekali selama 1 hari, jika peternak terlewat, maka harus menunggu 3 minggu kemudian. Untuk itu perlu mengelompokkan kambing yang birahi pada bulan yang sama agar mudah melakukan perkawinan serta recording (pencatatan).

Kambing birahi ditandai dengan gelisah, berisik dan banyak makan hingga diam jika dinaiki kambing lainnya. Setelah kambing dikawini biasanya kambing bunting selama 5 bulan dan menghasilkan susu. Susu kambing tak langsung diperah, namun biarkan anak kambing mendapatkan susu selama 1 – 2 minggu. Setelah itu, susu anak kambing diganti dengan susu sapi / susu bubuk secara bertahap hingga susu kambing bisa diperah untuk dijual selama 4-5 bulan. Dengan mengatur populasi kambing terdiri dari betina laktasi, betina bunting dan siap kawin. Diperkirakan peternak tak akan berhenti memerah susu sapi setiap hari. Biasanya peternak memerah susu tiap pukul 7 pagi dan 04.30 sore.

Ditingkat peternak, harga susu kambing dijual Rp. 15 ribu/ liter. Jika rataan perahan susu kambing sekitar 0,9 liter / ekor / hari, dengan asumsi terdapat 20 ekor kambing laktasi, alhasil peternak bisa menjual susu sebanyak 18 liter tiap hari. Walhasil dalam sebulan seorang peternak kambing perah bisa memperoleh omset Rp. 8,1 juta. Selain susu, peternak pun diuntungkan dengan kelahiran anak. Rata-rata tiap induk bisa melahirkan 2 ekor anak tiap kelahiran. Apalagi, 2 bulan setelah beranak kambing bisa dikawinkan kembali. Sehingga dalam 2 tahun indukan dapat melahirkan 3 kali dengan jumlah anak 6 ekor. Harga jual anak umur 6 bulan berkisar Rp. 500 ribu.

Setelah menjalani usaha peternakan kambing lebih dari 2 tahun, jumlah populasi yang dimiliki oleh Jeffry dan rekan-rekannya berjumlah 120 ekor. Dengan asumsi 40 ekor betina laktasi, alhasil bisa memperoleh omset Rp. 60 juta per bulan (0,9 ltr/ekor x 0 ekor x 30 hari x Rp. 10 ribu/80ml). Untuk mengelola peternakan kambing perah dengan jumlah 120 ekor, dikatakan Jeffry hanya perlu 3 orang karyawan, yakni 2 orang yang mencari rumput dan member pakan serta membersihkan kandang dan 1 orang bagian perah susu dengan kisaran gaji Rp. 700 ribu/bulan.

Segmen Menengah Atas. Sampai saat ini dikatakan Jeffry, penjualan susu kambing masih terbatas pesanan dan menyasar segmen menengah-atas. Dengan demikian susu kambing bisa dijual dengan harga Rp. 10 ribu/botol ukuran 180 ml. Selain susu ynag telah dipanaskan dengan suhu 60-70 derajat C selama 10-15 menit mereka pun menjual yoghurt susu kambing dengan harga Rp. 12 ribu dan kefir Rp.15 ribu/botol. “Permintaan susu kambing masih sangat tinggi bahkan dikawasan puncak-Bogor harga susu kambing kemasan plastic, bisa mencapai Rp. 25 ribu/liter,”tambahnya.

Adapun yang membuat harga jual susu kambing lebih mahal, lantaran hasil perahan lebih sedikit daripada susu sapi. Bukan hanya itu, banyak manfaat yang bisa diperoleh dari minuman berwarna putih kekuningan itu. Susu kambing dipercaya mampu meningkatkan stamina dan vitalitas pria, menurunkan kolesterol serta bagus bagi penderita diabetes, paru-paru, dan gangguan pencernaan. Untuk itu Jeffry pun menyasar kelas menengah atas seperti sport club, gymnasium, fitness center, golf center, perkantoran serta klub mobil dan motor.

Untuk memenuhi permintaan pasar yag terus meningkat, ia bekerjasama dengan peternak kecil dibeberapa daerah. Dengan sistem inti-plasma, Jeffry akan mendapat suplai susu kambing dari 15 plasma yang tersebar di Lampung, Trenggalek-Jawa Tengah dan Wonogiri-Jawa Timur. Pengiriman dilakukan 1 minggu 2 kali dengan menggunakan cooling unit atau Styrofoam.

Agar susu tak bau prengus. Agar susu kambing tak berbau prengus, kandang harus dibuat dengan konstruksi yang baik. Untuk kambing betina luasan kandang 1,2 m2 dan 1,5 m2 untuk indukan pejantan. Biasanya betina dikandangkan secara berkelompok dan pejantan dikandangkan secara individu (baterai). Agar mudah membersihkan kotoran (urin / air kencing dan feses / tai ), lantai kandang dibuat jarang-jarang dengan konsep panggung agar kotoran jatuh. Biaya pembuatan kandang berkisar antara Rp. 800 ribu hingga Rp. 1,5 juta/m2 tergantung material yang digunakan. Selain kandang tersebut, diperlukan pula area exercise (tempat berolahrga) serta kandang jepit untuk pemerahan. “Kunci susu sapi tak bau prengus, pemerahan dilakukan dikandang jepit,”ujarnya. Selain itu, pasca melahirkan betina dimandikan dan sebelum pemerahan, bersihkan ambing dan putting dengan air hangat serta semprot kotoran dalam kandang hingga kandang bersih. Hal ini dilakukan setiap hari.

Sementara kambing diberi pakan berupa hijauan, konsentrat (makanan penguat) dan ampas tahu tiap pagi dan sore. Hijauan seperti daun dan batang jagung, daun nagka, daun pisang, rumput gajah,rumput teki, rumput bengala, lamtoro, abasia dan kaliandra diberikan sebanyak 10% dari bobot badan (3kg) yang sebelumnya telah dicacah. Sementara itu konsentrat yang terdiri dari dedak, jagung, bungkil, kapur dan premix diberikan sebanyak 1 kg dan 0,5 kg ampas tahu. Hijauan diperoleh dari sekitar Pacet-Cianjur dan konsentrat dari koperasi Peternak Sapi Perah (KPS) Bogor dengan harga Rp.12 ribu/kg. Sedangkan ampas tahu dibeli dari pabrik tahu dengan harga Rp. 500/kg.

Jeffry menganggarkan biaya pakan sebesar Rp. 1500/ekor/hari dan modal Rp.500 untuk obat. Menyoal peralatan kandang yang diperlukan diantaranya alat arit, ember pakan, alat pemerahan, alat cacah (chopper mechine) dan golok serta timbangan.

Info lebih lanjut bisa menghubungi:
PT. Adhie Lestari Lirboyo
Jl. Kota Bunga, panggung Desa Sukanagalih, Kecamatan Pacet
Cianjur, Jawa Barat
Telp. (0263) 511 78

Alamat Peternak dan Penjual Domba/Kambing

Bima Jaya Farm (Penjual dan Ternak Domba)
Jl. Cibuntu-Cicadas No.2 Desa Ciampea Rt.02/03
Bogor Jawa Barat
Hp. 0813 14 111 257, 0815 19 33 1479

Salam Amali Qurban (Penjual)
Jl. Basuki Rahmat Cipinang Muara, Banjir Kanal Timur
Jakarta Timur
Telp. 021. 71 4444 54, 0612 88 93 402 (Dedi Setiawan)

CV Lakta Tridia ( Peternakan )
Jl. Raya Gambung Km.5 Kp.Barusen, Ds. Cisondari,
Kec. Pasir Jambu, Bandung
Telp. 022. 911 44 878, 0812 2057 657
Web: www.laktatridia.com

Sinergi Garut (Penjual dan Tenak)
Jl. Margawati, Kp. Galumpit Sasak
Garut, Jawa Barat
Telp. 0262. 540 309, 0813 230 15 441 (Kang Didik)

Super Fit (Ternak untuk susu kambing)
Jl. Kemuning 5 no.66 Rt.15/06
Pejaten Timur Jaksel
Telp. 021. 688 42 116, 0817 0705 170 (Ridwan)

Peternakan Lembah Delima
Jl. KH. Abdullah Syafi’i no.33 (Casablanca)
Tebet Jaksel
Telp. 021. 837 05 291 – 92, 0811 410 6968 (Zen)




Penjual Bibit Kambing/Domba

Citra H Investama (Bibit Kambing Etawa)
Jl. Jend. Sudirman Kav.58,
Gd. Graha Niaga Lt.25 Jaksel
Telp. 021. 250 5545, 0811 968 381 (Iwan/Yoga)


Kampung Ternak
Perkantoran Ciputat Indah Permai F1
Jl. Ir. H. Juanda no.50 Ciputat Jaksel
Telp. 021. 742 5835, 0856 95 22 9492 (hasanih)

Penjual Susu Kambing

Naga SP (Distributor Susu Kambing Organic)
Jl. Demak Timur 6/15 Surabaya
Tlp.031. 549 016, 0878 52 33 9227

Agen Susu Kambing (Bintara-Bekasi)
Jl. Bintara 4 no.14, Rt.05/15
Bintara Jaya, Bekasi
Telp. 021. 988 45 716
http://SusuKambing.com

Dipo Susu Kambing
Jl. Pajang 2 Blok AH 31 Puri Bojong Lestari
Bojong Gede, Bogor
Telp. 021. 7134 123, 0813 1998 7595 (Heni)


Penjual Bahan Dan Alat Peternakan

Klinik Agropolitan Indonesia (Penjual Suplemen Ternak)
Jl. Cibeunying Kolot 45 A
Cikutra, Bandung
Telp. 022. 911 55 780, 0856 911 5253
Web: www.klinik-agropolitan.com

PT. Sukajadi Sejahtera Bersama (Penjual Suplemen Ternak)
Jl. Kelor Utama No.14 Menteng Bogor
Telp. 0251. 834 0410, 0818 667 991 (ibu Tuti)

Pattagayo Farm (Penjual Obat Ternak & Perlengkapan)
Jl. Cut Nyak Dien, Gang Bungsu,
Kaliawi, Bandar Lampung
Hp. 0852 698 05 239 (omo Kusnadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar