Selasa, 17 Maret 2009

PELUANG BISNIS IKAN AIR TAWAR DAN IKAN LAUT

Pernahkah terbesit di benak Anda, jika Anda mampu mendapatkan penghasilan tambahan dari menjual ikan air tawar untuk dikonsumsi para tetangga-tetangga ataupun saudara-saudara Anda?
Jika Anda berminat maka Anda perlu mengetahui bagaimana cara membeli ikan yang murah dan dimana membeli kedua ikan tersebut?


Kawasan waduk Cirata kabupaten Cianjur-lah tempatnya yang telah tersohor sebagai sentral petani Keramba Jaring Apung (KJA) dan tempat pembudidayaan ikan air tawar. Ratusan keramba jaring apung terhampar luas di kawasan waduk Cirata. Waduk yang mulanya hanya sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air, kini sebagian waduk dimanfaatkan sebagai tempat memancing rizki masyarakat setempat. Tak hanya warga setempat saja pemilik KJA tersebut tapi ada sebagian pemiliknya adalah warga Jakarta. Selain petaninya Anda dapat juga menemukan penyalurnya yang memasok ikan nila, mas, bawal, gurame dsb ke daerah Jakarta, Bogor, Bekasi, Garut, Surabaya sampai Papua. Dan perlu diketahui Anda yang suka akan bisnis ini, bahwa bulan Januari –Februari adalah bulan banjir ikan di Cirata sehingga harganya menjadi lebih murah daripada hari biasa.

Sistem Pembelian.
Di Cirata Anda bisa membeli ikan dari petani, pemasok atau gudang. Diantara mereka biasanya ada selisih harga Rp. 500 – Rp. 2.000 dan ada beberapa jalur yang harus dilalui. Jika Anda ingin membeli ikan dengan harga paling murah bisa membeli langsung ke petani KJA. Hanya saja Anda perlu berkeliling mencari petani yang siap panen. Waktu berkeliling Anda harus menggunakan bargas (sampan) yang ongkosnya Rp. 5.000 / orang sekali jalan ke KJA. Pada petani KJA Anda minimal harus membeli satu petak KJA ukuran 7x7m2 setara dengan 1-1,5 ton ikan.
Bagi Anda yang menginginkan kepraktisan, Anda bisa membeli ikan ke pemasok atau gudang, hanya saja harganya agak sedikit lebih mahal. Gudang tak sembarang bisa menjual ikan ke pembeli, karena gudang harus memasok ke beberapa agen di pasar induk beberapa kota. Maka dibutuhkan beberapa kesepakatan kerjasama dulu dengan gudang jika akan mengambil ikan secara kontinyu dalam jumlah besar. Walau demikian disana masih banyak tengkulak yang siap membantu jika Anda ingin membeli ikan langsung secara mudah baik membeli putus atau berkelanjutan dan mereka juga melayani jika pembelian hanya 2-3 kwintal saja dan pengiriman akan diantar ke tempat Anda jika pembelian diatas 1 ton. Begitu juga jika Anda berlangganan, Anda cukup menelpon saja dan memesan jumlah ikan yang dibutuhkan lalu tinggal menunggu pesanan datang ke rumah Anda.

Lain Cirata lain di Muara Angke. Muara Angke sebagai tempat pelelangan ikan (TPI) termurah, hasil tangkapannya dijual baik ke pembeli putus, taoke, bos dan bandar ikan. Jika ingin membeli ikan dari nelayan maka harus datang waktu shubuh, seusai nelayan melaut. Tapi kebanyakan nelayan menjual kepada taoke yang biasa menampung hasil tangkapan mereka. Dengan demikian Anda dapat membelinya kepada taoke atau Bandar ikan di TPI Muara Angke pada pagi sampai siang hari. Pembelian dapat dilakukan dalam kiloan maupun kwintalan, tergantung si bandar ikan tersebut. Bicara masalah kualitas, tak usah diragukan lagi, ikan masih segar dan hidup karena fresh hasil tangkapan nelayan setempat. Banyak pengusaha restoran berdatangan kesana. Disamping harganya murah juga masih bisa ditawar lagi harganya. Sehingga tak heran, Muara Angke tak pernah sepi dari pelanggan. Hanya saja, Anda perlu mengantri karena jalannya berdesak-desakkan dan becek. Tapi itu semua tak berpengaruh kepada pelanggan karena pembeli berpendapat tak ada ruginya jika berbelanja kesana.

Sistem Pembayaran.
Bagi Anda sebagai pemula yang ingin membeli ikan air tawar atau ikan laut diharuskan membayar tunai. Tapi jika Anda telah menjadi langganan tetap petani, pemasok, gudang bandar atau taoke, pembayaran dapat dilakukan melalui transfer antar rekening dengan asas kepercayaan.

Lokasi.
Memang tak mudah untuk Anda menggambarkan lokasi waduk Cirata. Tapi jika Anda berminat mencari pusatnya ikan ini, Anda dapat memulainya dari terminal kota Cianjur sebagai patokannya. Dari terminal Cianjur Anda dapat menggunakan angkutan jurusan Jangari – Cianjur turun di waduk Ciputri. Jika telah sampai disana sebut saja waduk Cirata maka para sopir angkot dengan senang hati akan mengantar Anda ke lokasi.
Dan jika Anda ingin ke Muara Angke, Anda dapat naik Kopani 12 jurusan Senen – Kalideres, turun di Grogol lalu naik angkutan 01 jurusan Grogol – Muara Angke.
Selamat Mencoba…..

Info seputar bisnis ini dapat menghubungi:
Petani Ikan : M Bahrul Fahmi (kolam MBN), Kampung Ciputri, Desa Mande, Cirata, Cianjur. Jafar (Warung Guruminda), Kampung Ciputri, desa Mande, Cirata, (hp. 085860143553, 085624544341), H. Haryanto (Kolam Maras), Kampung Seleur Erih Rt.o4/09 Desa Sukamana, Karang Tengah,Cirata. Telp. 0263286342, Hp. 0818684992.
Pemasok dan Gudang : PD Sinar Pagi Jembar, Jl Raya Pantai Meleber,Cikalong Kulon,Cirata. Telp.0263318116, 317195. CDR Mulya (H. Eman), Jl. Wisata Jangari Kampung, Cidamar Bobojong, Cirata. Telp. 02632294314, Hp. 081809096176. Sumber Jaya Telp. 0260318521, Hp.08179199430. Bpk. Aziz Telp. 02632294419, Hp. 081394478170. Bpk. Lilik, Jl. Kampung Belah Raja no.26, Tanggerang, Banten. Hp. 081387913990.




Tabloid Peluang Usaha
No.10/Thn2/29 Jan-11 Feb 2007

3 komentar:

  1. wah pemasok ikan kayaknya lumayan juga tuh buat di jual lagi ke pasa2 tradisional

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas jika mau saya suplai monggo hubungi nomer saya 089633708333 nanti kita bisa bicarakan lebih lanjutnya.makasih

      Hapus
  2. Yg mau di suplai hasil laut untuk pabrik,gudang,pengepul,pasar dengan jumlah orderan minumum dengan jenis ikan krapu,kakap merah,bawal putih,tengiri,tongkol,dll silahkan hubungi nomer saya 089633708333 masalah negosiasi dan jumlah order minim silahkan langsung hubungi nmr diatas.terimakasih

    BalasHapus